Manchester United
RSS
email

Topi Jerami - Sisi Baru

Operating System (Sistem Operasi)

Pendahuluan
Semua komputer bertumpu pada sebuah OS yang memberikan layanan jaringan untuk berinteraksi antara user, aplikasi dan hardware. OS dapat menyalakan komputer dan memanajemen file sistem. hampir semua OS modern bisa mendukung lebih dari pada satu user, task, atau CPU.
Bagaimanapun juga dari ukuran dan kerumitan dari komputer dan OS, semua OS mempenyuai 4 pokok fungsi yang sama yaitu OS mengontrol akses hardware, Manajemen file dan folder, Menyediakan User Interface, dan Manajemen Aplikasi.
Mengontrol akses hardware
OS memanajemen interakasi antara aplikasi dan hardware. Untuk mengakses dan berkomunikasi dengan hardware, OS perlu menginstal sebuah peralatan driver untuk tiap komponen hardware. Sebuah peralatan driver adalah program kecil yang ditulis oleh pabrik hardware dan dilengkapi dengan kompone hardware. Ketika peralatan hardware terpasang, peralatan driver juga terpasang, biarkan OS untuk berkomunikasi dengan komponen hardware.
Proses pemindahan sumber daya sistem dan penginstalan driver bisa dilakukan dengan Plug and Play (PnP). Proses PnP diperkenalkan di Windows 95 untuk membuat lebih mudah pemasangan hardware baru. Semua OS modern sudah PnP. Dengan PnP OS dapat mendeteksi secara otomatis PnP Hardware yang sesuai dan menginstal driver komponen itu. OS mengkonfigurasi peralan dan memperbaharui register, yang mana sebuah database yang mengisikan semua informasi tentang komputer.
NB: Register mengisikan informasi tentang aplikasi, user, hardware, setting jaringan, dan file type
Manajemen File dan Folder
OS membuat susunan file didalam harddisk untuk membiarkan data tersimpan. Sebuah file adalah sebuah blok bagian yang berhubungan dengan data yang diberikan sebuah nama tunggal dan diproses sebagai satu unit tunggal. Program dan data file dikelompokan bersama kedalam sebuah direktori. file-file dan direktori yang terorganisir memudahkan pengambilan dan penggunaan. Direktori dapat disimpan dalam direktori lain. Direktoei biasa dikenal denga Folder di Windows OS dan subdirektori biasanya disebut dengan subfolder.
Menyediakan User Interface
OS memperbolehkan user berinteraksi dengan software dan hardware. ada dua jenis dari user interfaces yaitu:
    • Command Line Interface (CLI) - Pengguna menuliskan perintah pada sebuah prompt
    • Graphical User Interface (GUI) - Penguna berinteraksi dengan menu-menu dan icon-icon
Manajemen Aplikasi
OS meletakan suatu aplikasi dan memuatnya ke RAM dari komputer. Aplikasi adalah sebuah program-program software antara lain seperti word processors, databases, spreadsheets, games, dan banyak aplikasi lainya. OS menjamin setiap aplikasi mendapatkan sistem sumber daya yang cukup.
Application programming interface (API) adalah sebuah perangkat dari petunjuk yang digunakan oleh para progamer untuk menjamin bahwa aplikasi mereka sesuao dengan OS, dibawah ini ada dua contoh dari API
    • Open Graphics Library (OpenGL) - spesifikasi untuk grafis multimedia
    • DirectX  - kumpulan dari berbagai API dikaitkan ke tugas multimedia untuk Microsoft Windows

Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

 

Friends

Categories